This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 20 Mei 2015

4 Kunci Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris
Pertanyaan seperti ini mungkin akan sering didengar oleh Anda yang sudah mahir berbahasa Inggris : bagaimana sih cara cepat belajar bahasa Inggris ? atau bagaimana saya bisa berbicara bahasa Inggris dengan cepat ?

Pertanyaan seputar cara belajar bahasa Inggris dengan cepat seperti di atas sebetulnya hanya diperlukan satu jawaban mudah dan singkat bahkan tidak perlu dipertanyakan jika setiap orang mengerti hakikat tentang bahasa Inggris itu sendiri.

Banyak orang yang menganggap bahwa belajar bahasa Inggris adalah suatu pengetahuan, menghafalkan rumus-rumus tenses, mengerjakan latihan-latihan dan sebagainya. Memang demikian dan tidak salah adanya. Namun yang perlu Anda pahami bahasa itu sendiri adalah suatu ketrampilan atau skill, dan tidak ada langkah cerdik satupun untuk menguasai sebuah skill selain harus praktek, langsung melakukan.

Sebagai alat komunikasi ada 4 skill berbahasa Inggris yang harus Anda kuasai. Dengan demikian ada 4 kunci cara cepat belajar bahasa Inggris.

1. Praktek listening
Anda ingin bisa menikmati film dalam bahasa Inggris ? Oke, no problem, langsung praktek menyimak. Praktek menyimak bisa langsung dari film bahasa Inggris itu sendiri atau bisa dengan cara belajar bahasa Inggris yang lebih sederhana dan santai yaitu mendengarkan musik berbahasa Inggris. Kegiatan menyimak mungkin akan terasa sulit di awal, tapi teruslah move on, terus gerak, praktik dan praktik. Saya jamin skill yang pertama ini akan berdampak sangat dahsyat terhadap 3 skill yang lain dan membuat belajar bahasa Inggris lebih cepat.

2. Prakek speaking
Pak saya ingin bisa lancar dan cepat berbicara bahasa Inggris. That's sound great. Let's do it !. Langsung take action berbicara bahasa Inggris. Tidak ada kata malas praktek. Tirukan apa yang sudah Anda sering simak dengan penuh semangat. Kalau perlu berbicara sendiri di depan cermin jika malas mencari lawan bicara untuk praktik. Tirukan lagu bahasa Inggris yang sudah Anda simak.

3. Praktek writing
Komunikasi tulis yang baik dan resmi memang harus memenuhi standart tata bahasa yang baik pula. Namun demikian akan lebih baik bagi Anda seorang pemula untuk belajar menulis bahasa Inggris tanpa harus banyak memperhatikan teknis grammar terlebih dahulu. Kemampuan grammar akan terbentuk secara alami terintegrasi sedikit demi sedikit seiring berjalannya proses belajar, rasa ingin tahu dan trial error.

Cara tercepat belajar menulis bahasa Inggris adalah dengan menulis kembali atau menyalin tulisan bahasa Inggris yang sudah ada atau dengan cara didiktekan guru bahasa Inggris Anda. Jika tidak Anda bisa mendownload materi listening di internet yang dilengkapi script dan memutarnya untuk kemudian Anda tulis.

4. Praktek reading
Skill terakhir ini akan otomatis terbentuk jika 3 skill pertama di atas sudah Anda praktekkan dengan baik terutama listening dan speaking. Anda tinggal memperdalam kemampuan membaca bahasa Inggris dengan langsung praktek membaca dari buku-buku atau literatur lain berbahasa Inggris.

4 Kunci utama cara cepat belajar bahasa Inggris di atas intinya ada pada tindakan Anda untuk praktek dan praktek. Panduan cara cepat belajar bahasa Inggris ada disini .

Jumat, 01 Mei 2015

Teknik Cepat Mengembangkan Bahasa Inggris Anak SD

teknik mengembangkan bahasa inggris
Teknik Cepat Mengembangkan Bahasa Inggris Anak sd -- Jika dicermati, dari segi kognitif seorang guru punya tanggung jawab yang besar terhadap anak didiknya untuk mengembangkan kemampuan siswa sesuai dengan bidang studi yang diampu. Tentunya tidak semua guru mahir dalam mengembangkan dan menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Tapi yang pasti cara atau metode apapun yang digunakan paling tidak seorang guru harus memastikan adanya perkembangan kemampuan siswa dalam menyerap materi yang diajarkan.

Ketika mengajarkan bahasa Inggris anak sd untuk pertama kalinya tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi seorang guru. Kesabaran, ketekunan, dan kreatifitas diperlukan untuk memperkenalkan sesuatu yang benar-benar baru bagi seorang anak. Terlepas dari kata menyenangkan atau tidak, teknik belajar dan mengajarkan bahasa Inggris berikut mungkin bisa membantu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anak sd dengan cepat.

1. Mengajarkan Kosa Kata dengan Lagu di Kelas Rendah

Pada kelas awal yaitu kelas 1, 2, dan 3 biasanya teknik memperkenalkan kosa kata lebih banyak didominasi oleh gambar. Namun demikian ada cara cepat mengembangkan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas rendah ini yaitu dengan menggunakan lagu. Anda bisa menggunakan lagu ini di awal pembelajaran sebagai bentuk apersepsi atau ice breaker. Dengan menyanyi anak akan lebih senang mengingat kosa kata dan tidak bosan. Lirik lagu bahasa Inggrisnya menggunakan lagu anak 'water melon'.

Where is table ..... 2x
Here I am ..... 2x
How are you today, Sir .... 2x
Fine, thank you ..... 2x

Anda bisa mengganti kata 'table' dengan benda yang anda tunjuk.

2. Menterjemahkan Kedalam Bahasa Indonesia

Mentranslate atau menterjemahkan teks bacaan berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia mungkin akan menjadi satu pekerjaan yang membosankan di awal belajar siswa. Namun ketika pekerjaan ini sering dilakukan berulang-ulang, semakin banyak kosa kata yang sudah pernah diterjemahkan, maka siswa akan merasa senang untuk melakukannya karena merasa semakin mudah dilakukan. Seorang guru harus intensif memberikan bimbingan kepada siswa dalam menterjemahkan, teknik yang mudah mencari kata dalam kamus, dll. Aktivitas menterjemahkan memberikan banyak pengalaman belajar kepada siswa antara lain memperbanyak kosa kata dan analisis susunan kalimat.

3.  Memperkenal 4 Skill Berbahasa Inggris Sekaligus

Dalam setiap pembelajaran 4 skill berbahasa Inggris yaitu listening, speaking, writing, dan reading harus diusahakan tercover semuanya. Ketika mengajarkan teks reading, paling tidak siswa harus mendengarkan guru terlebih dahulu membacakan kalimat demi kalimat teks bacaan kemudian diikuti siswa. Setelah selesai mendengarkan dan menirukan, siswa disuruh membaca sendiri. Dalam konteks yang sederhana bagi siswa sd kegiatan menirukan dan membaca ini juga termasuk kategori speaking. Untuk kegiatan menulis, guru bisa menyuruh siswa untuk menyalin teks bacaan yang ada. Atau jika materi bacaan Anda buat sendiri, Anda bisa mendikte bacaan bahasa Inggris tersebut untuk ditulis siswa pada kelas tinggi, kemudian dilanjutkan kegiatan mendengarkan, menirukan, dan membaca seperti di atas.

Pada intinya agar anak mahir dalam berbahasa, maka kebiasaan dalam menggunakan bahasa tersebut sangat menentukan. Semakin sering dan tekun seorang guru memberikan bimbingan pada 3 point atau teknik di atas dalam proses belajar, saya yakin kemampuan bahasa Inggris anak sd akan cepat berkembang pesat.

Rabu, 10 Desember 2014

Soal Bahasa Inggris SD UAS Semester 1 2014 Kelas 1 Samapi 6

soal bahasa inggris, soal bahasa inggris sd, soal bahasa inggris uas sd
Soal Bahasa Inggris SD UAS Semester 1 2014 Kelas 1 Samapi 6 -- Minggu ini adik-adik kita yang duduk di bangku Sekolah Dasar sedang menempuh Ujian Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Bagi kelas 1, 2, 4 dan 5 yang menggunakan Kurikulum 2013, mata pelajaran bahasa Inggris masuk dalam muatan ekstrakurikuler. Namun bagi kelas 3 dan 6 yang masih menggunakan KTSP mapel bahasa Inggris tetap ada dalam muatan lokal, itupun tergantung dari kebijakan sekolah masing-masing.

Soal bahasa Inggris SD UAS Semester 1 2014 yang saya mau share berikut ini masih lengkap dari kelas 1 sampai kelas 6 karena memang sekolah masih dituntut untuk membuat soal sendiri meskipun pada praktinya tidak semua satuan pendidikan SD masih mengajarkan bahasa Inggris pada kurikulum 2013.

1. Soal bahasa Inggris SD UAS semester 1 kelas 1
2. Soal bahasa Inggris SD UAS semester 1 kelas 2
3. Soal bahasa Inggris SD UAS semester 1 kelas 3
4. Soal bahasa Inggris SD UAS semester 1 kelas 4
5. Soal bahasa Inggris SD UAS semester 1 kelas 5
6. Soal bahasa Inggris SD UAS semester 1 kelas 6

NB : Jika ada link yang rusak, mohon diberitahu lewat komentar !

Senin, 08 Desember 2014

Penggunaan Simple Past Tense dalam Kalimat Bahasa Inggris

penggunaan simple past tense
Penggunaan Simple Past Tense dalam Kalimat Bahasa Inggris -- Simple past tense adalah satu dari tiga bentuk waktu utama bahasa Inggris selain simple present dan simple future. Penggunaan simple past tense sendiri dalam kalimat bahasa Inggris relatif cukup mudah dipahami, sama seperti halnya dua bentuk tenses utama lainnya.

Pengertian simple past tense yaitu suatu bentuk waktu bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan, peristiwa atau aktivitas yang dimulai dan selesai pada waktu lampau, tidak ada hubungannya dengan waktu sekarang. Anda bisa menggunakan tenses simple past ini dalam situasi berbicara sebagai berikut :

1# Menceritakan semua peristiwa dan kegiatan di masa lampau

Nah, kalau kemarin Anda melihat suatu kejadian kecelakaan di jalan dan saat ini Anda menceritakan kejadian itu kepada teman Anda, maka gunakanlah tenses simple past ini. Jadi contoh dialog percakapan bahasa Inggris yang ada seperti berikut ini.

Nova     : What happen ?
                you look frightened. Anything bad ?
Hendrik : Yeah, I saw an accident yesterday.
Nova      : Really ? so bad.

Perhatikan kata yang berwarna kuning. Kata kerja 'saw' adalah kata kerja bentuk kedua yang digunakan pada simple past tense. Penanda waktunya ditunjukkan oleh kata keterangan 'yesterday'.

2# Telling story

Anda tentunya memiliki pengalaman pribadi bersama teman atau keluarga yang mungkin tidak bisa terlupakan baik itu pengalaman menyenangkan atau menyedihkan. Suatu pengalaman tentunya terjadi pada waktu lampau. Ketika Anda ingin menceritakannya kembali kepada orang lain, kemampuan menggunakan tenses simple past tense sangatlah diperlukan.

Jika Anda ingin belajar dan memahami lebih baik tentang tenses simple past, Anda bisa belajar dengan memperbanyak membaca buku-buku cerita atau dongeng bahasa Inggris. Buku-buku semacam itu hampir 90 % menggunakan simple past tense. Sebetulnya penggunaan simple past tense sendiri dalam kalimat cukup mudah. Hanya terkadang Anda mungkin akan enggan untuk menghafalkan kata kerja bentuk kedua dari kamus secara langsung. Dengan terbiasa membaca buku cerita atau dongeng bahasa Inggris, Anda akan terbiasa dengan berbagai bentuk kata kerja kedua tanpa harus menghafalkannya lewat kamus.

Cara membuat kalimat simple past tense 

Rumus dasar simple past tense yaitu :

Subject + Verb-2 + ...

Disini yang perlu Anda ingat bahwa dalam menyusun kalimat bahasa Inggris selalu ada bentuk kalimat verbal dan nominal. Jadi rumus 'Verb-2' di atas bisa berupa kata kerja verb-2 asli (verbal) ataupun linking verb berupa To be simple past 'was, were' (nominal). Kalimat verbal kata kerjanya harus operasional atau melakukan tindakan.
Contoh :
She went to Mojokerto yesterday (verbal)
She was in Mojokerto yesterday (nominal)

They made some inventions three months ago (verbal)
They were in Japan last year (nominal)

Untuk membentuk kalimat negatif pada kalimat verbal maka tinggal menambahkan kata kerja bantu 'didn't' sebelum kata kerja, dimana kata kerja bentuk kedua kembali ke kata kerja bentuk pertama. Sebaliknya pada kalimat nominal tinggal menambahkan kata 'not' di belakang To Be. Contoh kalimat positif di atas kalau dirubah menjadi kalimat negatif seperti berikut :

She didn't go to Mojokerto yesterday (verbal)
She was not in Mojokerto yesterday (nominal)

They didn't make some inventions three months ago (verbal)
They were not in Japan last year (nominal)

Untuk membentuk kalimat tanya atau introgative maka tinggal menempatkan kata kerja bantu 'did' dan To Be 'was,were' di depan kalimat. Contoh kalimat di atas menjadi :

Did she go to Mojokerto yesterday ? (verbal)
Was she in Mojokerto yesterday ? (nominal)

Did they make some inventions three months ago ? (verbal)
Were they in Japan last year ? (nominal)

Perhatikan juga kalimat simple past tense yang menggunakan kata penghubung 'when' berikut ini !

I did my homework when the teacher came into the class
Saya baru mengerjakan PR ketika guru masuk ke dalam kelas

Kalimat dalam when clause di atas peristiwanya terjadi terlebih dahulu. Jadi guru masuk ke dalam kelas baru saya mengerjakan PR.

Penggunaan simple past tense dalam kalimat bahasa Inggris cukup sederhana. Yang perlu Anda perhatikan adalah pola verbal dan nominalnya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More